5.11.2011

Tips Membuka Usaha Warnet


Seperti yang kita ketahui, bahwa diberbagai kota besar bahkan di sudut kota kecilpun sangat banyak warnet berditi dan dipadati oleh pengunjung yang ingin berinternetan ria. Timbul pertanyaan mengapa warnet sangat banyak didirikan diberbagai kota di Indonesia? Alasannya tidak lain memang warnet adalah salah satu usaha yang sangat menggiurkan keuntungannya.
Bila pembaca tergiur ingin berusaha, tidak ada salahnya kalau membuka usaha warnet ini. Karna menurut pandangan umum dari saya bahwa kedepannya teknologi akan mengedepankan dalam kehidupan kita yang mana itu tadi dibutuhkan informasi-informasi yang berguna yang bisa dimanfaatkan dari internet. Secara prospek kedepannya, saya melihat warnet masih akan berkembang dalam 5-7 tahun kedepan. Walaupun perkembangan teknologi kedapan semakin maju, alat untuk mengkoneksikan kita pada internet semakin murah, namun janganlah kawatir untuk memulai usaha warnetan ini. Bagai mana, Anda tertarik??


Berikut adalah poin-poin yang Anda harus lakukan bila ingin membuka usaha warnet :

  • Tempat : Pemilihan tempat yang strategis merupakan penentu apakah warnet Anda akan bertahan lama atau tidak. Sebaiknya pilihlah tempat yang kapasitas populasi penduduknya ramai, yang disekitarnya kalau bisa ada kampus atau sekolahan. Bila Anda akan mendirikan warnet dilokasi yang mana tempat itu Anda kontrak seperti sebuah rumah atau sebuah ruko, sebaiknya langsung lah mengontrak dalam jangka waktu panjang seperti 2 s/d 4 tahun lalu buat surat penjanjian sewa menyewa atau Anda juga bisa notariskan. Hal ini agar apabila usaha Anda lancar, Anda masih mempunyai waktu yang panjang lagi untuk menggali rejeki dilokasi itu. Ini ada sebuah masalah yang pernah saya jumpai, seorang teman saya mendirikan sebuah warnet namun dikontrak dalam jangka waktu  cuma 1 tahun. Setelah warnet ini dilihat sama pemilih rumah / ruko usaha kita lancar, maka sipemilik meminta uang kontrakannya ditahun kedepannya dinaikkan hampir setengah dari harga yang lama. Tentu dalam usaha Anda nanti tidak menginginkan hal itu terjadi.
  • Ruangan yang Nyaman : Perlu Anda ketahui bahwa dekorasi dan daya tarik itu perlu menjadi motto bagi sebuah warnet. Diasumsikan bahwa seorang netter atau pengunjung yang datang akan meluangkan waktunya untuk bermain internet dalam waktu yang lama. Nah agar pengunjung nantinya betah untuk berlama-lama diwarnet Anda, itu membutuhkan sebuah service yang memuaskan. Tidak perlu Anda bayangkan servicenya bagaimana, dikasi minum kah, snack2, bukan. Tapi kenyamanan lah yang utama. Bila Anda menuangkan konsep warnet yang berlesehan, atau berbilik-bilik, buatlah semenarik mungkin dan sebersih mungkin. Juga sirkulasi udara yang harus baik, karna warnet yang pengap dengan sedikit udara akan membuat pelanggan Anda kecewa dan mungkin tidak mau lagi main ditempat Anda. Sebaiknya buatlah kipas angin seperlu mungkin, atau bila Anda mempunyai uang lebih, apa salahnya bila dikasi sebuah acc. Jadi warnet Anda pun terasa adem, pelanggan pun jadi suka.
  •  Pemilihan Instalasi Komputer & Provider Internet : Baiknya gunakan lah komputer yang memiliki kemampuan akses yang tinggi dan mutu yang terjamin, karna komputer itu akan digunakan berjam-jam, jadi baiknya yang harus bagus. Apalagi untuk komputer server, ini harus lebih tinggi specknya dari pada komputer client nantinya. Karna komputer server lah nanti yang akan bertanggung jawab untuk mengatur komputer-komputer client Anda. Manfaatkan provider yang terbaik, murah, dan menguntungkan jelasnya. Seperti kebanyakan menggunakan jasa Telkom Speedy. Sesuaikan kebutuhan paket yang diambil dengan banyaknya unit komputer kita. Anda bisa tanyakan langsung sama teknisi yang memasangnya nanti. Dan tak lupa ini sedikit penjelasan tentang komputer minimum yang harus Anda miliki  untuk komputer client : Prosesor baiknya Intel Dual core keatas atau AMD Athlon juga seri yang keatas lebih baik. VGA minimum 512Mb ( direkomendasikan 1Gb untuk komputer game). RAM / Memori 1Gb, HDD 160 GB Sata Plus selebihnya, juga tak kalah penting monitor harus LCD screan 18,5” agar pelanggan puas dengan tampilannya ( dalam memilih LCD baiknya layar kristal dari pada layar carbon, karna layar kristal akan lebih mudah Anda bersihkan dari bercak2 tangan pengunjung)
  • Penentuan Harga & Pemilihan Billing : Bicara tentang harga, ini tidak bisa saya patokkan berapa harganya. Tapi relativnya kebanyakan warnet menggunakan tarif Rp.3000.- / Jam selebihnya untuk menarik pelanggan tergantung kebijakan Anda sendiri seperti membuat paket2 dalam genapan waktu berapa jam. Pergunakan lah billing yang free untuk melancarkan usaha anda nanti dan tidak memakan banyak biaya. Dipasaran sekarang lagi trendnya menggunakan billing Handy Cafe, karna selain ringan, software ini diberikan secara Cuma-Cuma alias gratis. Anda Bisa download dan baca cara penggunaannya DISINI.
Semoga Membantu...!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Me

Foto saya
Terima kasih anda telah mangunjungi blog saya. Sedikit tentang saya, saya seorang remaja kelahiran 12 Pebruari bertempat diTanjungbalai-Sumatera Utara. Disini saya hanya sekedar share ilmu buat teman-teman semua.. semoga bermanfaat

Pages

Search

Copyright Text

Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © / Rahmansyah Blog Site

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger