2.19.2011

Tips Memilih USB Modem GSM & CDMA

Dipostingan kali ini saya sedikit berbagi pengetahuan kepada sobat semua. Dizaman sekarang ini, internet mewabah kesegala bidang yang sangat dibutuhkan dalam berbagai keperluan dari mulai anak sekolahan, mahasiswa, orang kantoran, dls. Seiring perkembangan zaman, akses internet sangatlah mudah didapat seperti warnet yang telah menjamur diberbagai daerah. Tapi bagi Anda yang mempunyai kocekan lebih, seperti mempunyai PC / Laptop pribadi yang ingin mengakses internet tapi malas keluar rumah, lebih memilih internetan dirumah sendiri, didalam kamar sambil bersantai bahkan didalam mobil sambil berselancar didunia maya. Saat ini sedang nge-trend nya "Wireless Internet Mobile" alias "Internet Wireless Bergerak". Nah, koneksi internet yang digunakan saat ini yaitu dengan menggunakan teknologi HSDPA (High Speed Packet Access) atau UMTS (Universal Mobile Telecommunication Systems) yang dinamakan dengan teknologi 3.5G. Perangkat yang diguankan yaitu USB Stik Modem GSM/CDMA yang bisa dibawa kemana-mana. Sehingga memungkinkan pengguna Laptop untuk mengakses internet dimana saja dan kapan saja. Bila Anda ada niat untuk menggunakannya, berikut tips sebelum membelinya :

1. Tempat Tinggal
Mengapa tempat tinggal jadi urutan pertama tanya Anda. Tempat tinggal kamu adalah faktor utama untuk menentukan signal dari jaringan modem kamu nanti. Sebaiknya kamu selidiki dulu jaringan ditempat kamu tinggal kualitas jaringan apa yang kuat sinyalnya. Sehingga pada saat kamu pergi ketoko dan ingin membeli modemnya jadi tau modem apa yang harus dipilih / dibeli. Apakah modem dengan provider GS
M or CDMA.

2. Kualitas Modem
Pilihlah modem yang berkualitas dalam arti murah, tapi tidak murahan. Sebuah modem yang berkualitas baik biasanya dapat menangkap sinyal GSM tanpa terputus-putus. Juga perhatikan software modemnya yang berkualitas pula. Modem dengan teknologi terdini yaitu otomatis plug and play begitu dicolokin ke PC / Laptop.

3. Garansi Modem
Hal yang jangan lupa diperhatikan yaitu garansi sebuah modem. Beberapa toko penjual modem tidak memberikan garansi karena mungkin modem yang dijual pihak toko tidak melewati administrasi bea cukai. Jadi pilihlah toko yang memberikan garansi terhadap modem yang Anda beli. Pada Umumnya modem ada yang bergaransi 6 bulan s.d 1 tahun.

4. Fasilitas Modem
Pilihlah modem yang kaya fitur, misalnya support dengan kecepatan 3.6 Mbps, 7.2 Mbps & yang terbaru dari telkomsel itu ada yang 1.2 Gbps. Bisa menggunakan slot Micro-SD Card. USB Extension. Fitur Wireless Lan (WiFi).
Tapi sebaiknya pada penggunaan bersamaan ini dihindarkan, seperti memasukkan memori card, namun modem terkoneksi ke Internet. Hal ini dapat menimbulkan kerusakan pada komponen modem, karena akan menyebabkan panas yang berlebihan.

5. Modem Modem
Jangan terkecoh dengan modem yang mungil dan cantik. Tidak semua modem yang berbentuk cantik itu berkualitas bagus. Juga hindari modem yang bisa dilipat-lipat, karena konektor USB-nya lebih cepat rusak.

 6.Software Modem
Semua modem dilengkapi dengan software untuk mengkonfigurasikan setting internet Anda. Beberapa software modem memiliki settingan internet yang lengkap. Beberapa ada juga yang settingannya tidak dapat dimodifikasi lagi (Modem Locked). Pilihlah modem yang settingannya mudah dan tidak terlock oleh provider internet tertentu. Bila Anda membeli modem yang ter-lock maka anda tidak dapat menggonta-ganti SIM-Card yang lain. Modem jenis ini biasanya modem yang terpaket dengan salah satu provider internet.

7. Jenis Modem
Ada 2 jenis modem SIM Card yang digunakan pada modem GSM dan CDMA, yaitu SIM Card CDMA (Misalnya Fren, Flexi, dll), dan SIM Card GSM (Misalnya Simpati, As, Three, Mentari, XL, dll). Jangan sampai membeli Modem GSM jika hendak memakai kartu Flexi, begitu pula sebaliknya.

Nah sekian ulasan dari saya. Untuk melihat daftar harga modemnya Anda bisa berkunjung di website dibawah ini. KLIK DISINI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Me

Foto saya
Terima kasih anda telah mangunjungi blog saya. Sedikit tentang saya, saya seorang remaja kelahiran 12 Pebruari bertempat diTanjungbalai-Sumatera Utara. Disini saya hanya sekedar share ilmu buat teman-teman semua.. semoga bermanfaat

Pages

Search

Copyright Text

Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © / Rahmansyah Blog Site

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger